About

free counters

Jumat, 01 April 2011

PELUANG BISNIS TERNAK IKAN

Peluang pemeliharaan ternak ikan hias bisa dijadikan awal anda untuk buka usaha, karena usaha budidaya ikan hias ini sangat mudah untuk dilakukan khususnya bagi anda yang baru memulai usaha sampingan. Ikan hias mempunyai beberapa kelebihan diantaranya konsumsi pakan yang sedikit bila dibandingkan dengan ikan jenis lain, perawatannya mudah, harga jual yang tinggi, masa panen yang cepat dan ukuran kolam yang kecil bahkan bisa diternakan di dalam aquarium. Jenis yang bisa di ternakan sangat beragam dari ukuran kecil sampai ukuran besar, dengan warna yang beragam dan bentuk yang beraneka rupa.

Untuk pembibitan ikan hias anda bisa mencari indukan yang sudah cukup umur dan dipijahkan di dalam kolam yang tenang airnya dan dengan sedikit pencahayaan agak gelap. Kita bisa menyediakan serabut atau tali rapia yang sudah dihaluskan untuk tempat menempelnya telur. Setelah telur ikan menetas maka dipisahkan ke kolam pembesaran.

Sebagai contoh Ikan hias akuarium "arigato" asal Afrika, yang dijual para pedagang di kawasan Menteng Jakarta Pusat (Jakpus) harganya mencapai antara Rp2 hingga Rp3 juta per ekor. "Semakin besar ikan itu, maka harganya juga semakin mahal," kata Jony, salah seorang penjual ikan hias di jalan Sumeneb, Menteng, Jakarta, Selasa. Ia mengatakan, seekor ikan arigato yang harganya mencapai Rp3 juta berukuran panjangnya 65 cm. Ada juga berukuran 30 cm dijual antara Rp500.000 hingga Rp650.000 per ekor. Keunikan dan keangkuhan ikan asal Afrika itu, bila sudah berumur di atas tahunan tidak bisa beradaptasi dengan jenis ikan hias lainnya karena bisa memangsa semua ikan kecil yang ada di sekelilingnya. "Makanan khusus ikan arigato adalah anak ikan emas dan ikan nila," katanya. Menurut Jony, konsumen yang banyak membeli ikan arigato, selain dari masyarakat ibukota juga datang dari luar daerah terutama warga keturunan Tionghoa. Ikan tersebut menurut kepercayaan mereka juga merupakan dewa pembawa keberuntungan. "Sebenarnya dari nilai harga, ikan arwana justru lebih mahal dibanding dengan ikan arigato. Apalagi jenis super yang berukuran 20 cm bisa mencapai Rp5 juta hingga Rp7 juta," katanya.

0 komentar:

Poskan Komentar