About

free counters

Kamis, 31 Maret 2011

Sejarah Bugatti


Buggati Royale bukan mobil yang diproduksi secara massal, disamping prototype, hanya enam buah yang pernah dijual, dan tiga yang terjual, dengan harga tiga kali lipat Rolls-Royce. Seperti dengan semua mobil mewah waktu itu, kalau pelanggan memesan, dia akan mendiskusikan badan mobil dari perusahaan pembuat badan mobil lain. Dalam hal ini, tidak ada dua badan yang sama, Buggati Royale tidak sukses secara komersial bagi perusahaan, tetapi membuat nama buggati menjadi lebih terkenal lagi. Harga sebuah Royale dengan badan standar dipatok seharga $30.000 pada waktu itu. Sekarang, karena kelangkaannya, sebuah Buggati Royale amat mahal, sebuah Royale tahun 1931 dengan badan mobil buatan Kellner dijual di tempat lelang seharga 5,5 juta Poundsterling di tahun 1987, duit segitu bisa buat beli avanza berapa yaa


Buggati Royale atau bugatti type 41 didesain oleh Ettore Buggati sendiri di awal tahun 1920-an dengan sasaran mobil bagi raja dan ratu. Mobil ini besar, (Panjangnya aja hampir 6,7 meter) tetapi tidak lamban, dibawah kap mesin, Terdapat mesin besar delapan silinder dengan kapasitas 12,7 liter
Royale pertama dengan body bernomor 41100
Nama lainnya adalah "Coupe Napoleon"
Mobil ini bermesin prototipe 14,7 liter
  Aslinya punya body bikinan Packard tapi di buat ulang oleh pembuat kereta Paris, Weymann dengan dua pintu depan. Sebenarnya juga muat dengan beberapa body lainnya
  Coupe Napoleon Digunakan sendiri oleh Ettore Bugatti, dan akhirnya menjadi mobil pribadinya (muluk amat nih orang). Mobil itu tetep milik keluarga buggati, Disimpan di Ermenonville chateau Sampai masalah keuangan membuatnya harus dijual pada tahun 1963. Kemudian beralih tangan ke Fritz Schlumpf, Seorang Antusias mobil Buggati.
  Pernah kecelakaan saat dikendarai Ettore Bugatti ditahun 1931 karena ngantuk saat nyetir pulang kerumahnya dari Paris ke Alsace, di reparasi total akhirnya.
  Disembunyikan dengan 41.141 and 41.150 selama PD jilid II Di rumah keluarga buggati di Ermenonville, mencegah agar nggak diambil oleh Nazi
  Akhirnya dikandangkan di Musée National de l'Automobile de Mulhouse, bersama 41.131 dan sampai sekarang masih ada disitu.  Mobil kedua yang dibuat, tetapi yang dibeli kostumer pertama, Bodynya bernomer 41.111
Nama lainnya "Coupe de Ville Binder"
  Terjual pada April 1932 kepada Pengusaha baju Prancis, Armand


Esders.Tapi tanpa lampu (aneh...).
Kemudian dibeli oleh politisi Prancis, Paternotre,Mobilnya di body ulang dengan style Coupe de Ville oleh pembuat kereta Henri Binder.Selanjutnya dikenal dengan nama Coupe de Ville Binder
Pernah dibeli juga oleh raja romania, tetapi tidak pernah dikirimkan karena adanya PD jilid II,Mobilnya disembunyikan dari Nazi di gorong-gorong di Paris
Kemudian dikirim ke Inggris stelah PD jilid II,Kemudian diambil oleh Dudley C Wilson dari Florida di 1954.saat kematiannya tahun 1961, diberikan ke seorang banker (mungkin punya utang) Mills B Lane di Atlanta sebelum di tahun 1964 di kandangkan di Harrah Collection di Reno, Nevada.
Terjual di 1986 kepada kolektor dari kalifornia, pembuat rumah, dan Staff angkatan udara amrik, Mayjen William Lyon, dia menawarkan mobil itu saat Barrett-Jackson Auction tahun 1996, dimana ia menolak tawaran sebesar $11 million.
 Di 1999,Pemilik baru dari brand Buggati, Volkswagen AG, Membeli mobil itu seharga $20 million(Ya, inilah, Mobil termahal sejagad raya, seharga 20 juta dollar atau sekitar 180 Miliar rupiah) 
mobil ketiga dengan nomor body 41.121
Nama lainnya "Cabriolet Weinberger"
Dijual pada tahun 1932 untuk dokter kandungan Jerman, Josef Fuchs, yang ditentukan pembangun kereta Ludwig Weinberger dari Munich untuk membangun dirinya sebuah mobil terbuka. Dicat hitam dengan kuning, mobil itu diserahkan kepada Dr Fuchs Mei, 1932.
Saat ketegangan politik meningkat dalam pra-perang Jerman, Fuchs, pindah ke Italia, lalu Jepang; sebelum pindah secara permanen ke New York sekitar tahun 1937, membawa bersamanya Royale.
Mengagumi kepemilikan Dr Fuchs. Chayne kemudian menemukan mobil di pembuangan mobil di New York, membelinya pada tahun 1946 sebesar $ 400 (miris bgt, mobil jutaan dolar dibeli cuma $400 itupun di tempat rongsokan)
Chayne memodif mobil itu agar bisa jalan, dengan fitur mobil 1947 an dan atap konvertibel.
Pada tahun 1957, setelah menjalankan mobil selama sepuluh tahun, Chayne mendonasikannya ke Henry Ford Museum, di Dearborn, Michigan, dimana sampai sekarang masih tinggal. 


Mobil ke empat dengan nomor body1.131
dikenal dengan nama "Foster car" atau "Limousine Park-Ward"
dijual ke Kapten Inggris, Cuthbert W. Foster, pewaris sebuah department store besar di Boston, pada tahun 1933,Foster memiliki tubuh limusin dibuat untuk mobil oleh Park Ward, dibuat dalam gaya 1921 , seperti Daimler yang pernah dimiliki
Diakuisisi pada tahun 1946 oleh agen Bugatti Inggris, Jack Lemon Burton yang dipaksa untuk mengganti ban besar dengan yang dari sebuah artileri.
Dijual pada 1956 untuk kolektor Amerika, Bugatti John Shakespeare, menjadi bagian dari koleksi terbesar Bugatti pada waktu itu.
Menghadapi masalah keuangan, pada tahun 1963 Shakespeare menjual seluruh koleksi mobil, dan ia menemukan pembeli yang bersedia di Fritz Schlumpf

Bagian dari Koleksi Schlumpf
Dikandangkan di Musée National de l'Automobile de Mulhouse, Bersama 41.110 Yang didapatkan Schlumpf dari keluarga Buggati. 



Mobil Kelima dengan nomor Body 41.141
Dikenal dengan nama "The Kellner car"
Tidak Terjual, disimpan oleh Bugatti

DI sembunyikan dengan 41.110 dan 41.150 selama PD jilid II Di rumah keluarga Buggati di Ermenonville, agar tak di ambil alih oleh nazi
 Dijual bersama-sama dengan 41,150 oleh L'Ebe Bugatti di tahun 1950 ke pembalap Le Mans, Briggs Cunningham, dengan imbalan sejumlah kecil uang, ditambah beberapa Kulkas elektrik baru, yang belom tersedia saat pasca-perang di prancis (Mobil jutaan dolar dituker gan, sama kulkas ).
 pada tahun 1987 mobil itu dijual langsung dari koleksi Briggs Cunningham oleh Christie untuk £ 5.500.000 atau US $ 9.700.000 di Royal Albert Hall, untuk Pengusaha properti Swedia, Hans Thulin (nah lo, modal kulkas dapet 9 juta dolar! )
Mobil itu juga ditawarkan untuk lelang tahun 1989 oleh Kruse di Las Vegas di mana Ed Weaver menawar mobil untuk $, 11.500.000 yang ditolak oleh Thulin, cadangannya adalah $ 15 juta. Pada runtuhnya perusahaanya, Thulin menjual mobil itu di tahun 1990 seharga $ 15.700.000 untuk konglomerat Jepang Corporation Meitec, dan tinggal di ruang bawah tanah bangunan modern mereka sebelum ditawarkan untuk dijual seharga £ 10million oleh Bonhams & Brooks oleh perjanjian swasta pada tahun 2001.
Kepemilikan saat ini tidak diketahui, tetapi telah ditunjukkan dalam beberapa tahun terakhir oleh broker Swiss Lukas Huni.

0 komentar:

Poskan Komentar