About

free counters

Rabu, 11 Januari 2012

CONTOH PIDATO TENTANG KEBUDAYAAN

Asalamualaikum W.W
Yth. Bapak wali kelas yang saya hormati
Teman-temanku sekalian yang saya cintai
      
Marilah kita panjatkan puji dan syukur  kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunianya kita bisa berkumpul bersama dengan keadaan sehat wala’fiat. Dalam kesempatan ini saya akan membacakan sebuah pidato yang bertemakan “pentingnya melestarikan kebudayaan daerah di kalangan remaja”.
       Seiring dengan perkembangan jaman, makin lama makin pudar semangat untuk melestarikan budaya daerah sendiri tentunya di kalangan remaja, hal ini karena akibat adanya  globalisasi. Budaya asing mudah sekali masuk ke Negara kita melalui media, majalah, dan sebagainya. Sehingga kita lebih tertarik dengan budaya asing, dan tertarik untuk mempelajarinya.
       Kebudayaan sangat beragam, ada yang dapat dilihat, didengar dan dipakai. Yang dapat dilihat contohnya seni lukis, seni patung, dan sebagainya, yang dapat didengar contohnya seperti seni musik, pantun dan seni suara lainnya, yang dapat di pakai contohnya baju-baju daerah, baju-baju khas daerah misalnya batik dan lain sebagainya.
       Kebudayaan-kebudayaan yang bisa dilihat harus diperlihatkan, yang bisa didengar harus selalu diperdengarkan, yang bisa dipakai harus dipakai. Kita harus bisa menunjukan kebudayaan daerah sendiri pada daerah-daerah lainnya, supaya mereka bisa mengenal kebudayaan kita dan tertarik untuk mempelajarinya. Bahkan kalau bisa kita tunjukkan kebudayaan kita kepada negara-negara lain agar negara lain sangat menyenangi budaya kita. Sehingga kita bisa saling tukar budaya.
       Melestarikan budaya daerah bertujuan supaya kebudayaan kita tidak punah dan selalu jaya. Dan bermanfaat karena dapat menambah wawasan kita mengenai daerah kita lebih jauh, juga dapat menambah wawasan tentang budaya daerah lain. Sekian yang bisa saya sampaikan mohon maaf bila terdapat kesalahan.
Wasalamualaikum W.W

0 komentar:

Poskan Komentar